CARA Membuat Led Strip Sound Reactive Dengan Arduino R3

Oleh:   Unknown Unknown   |   12/09/2016 10:25:00 AM
Assalamualaikum rekan-rekan, sudah lama tidak posting artikel pada blog ini. pada kesempatan yang cerah ini, ane ingin share sedikit tentang cara membuat led strip sound reactive dengan menggunakan Arduino Uno R3. Ini Percobaan pertama ane dan alhamdulillah hasilnya memuaskan meskipun ane baru dalam dunia mikrokontroller. eh malah jadi curhat, ok deh langsung aja deh ane jelasin step by stepnya.

CARA Membuat Led Strip Sound Reactive Dengan Arduino R3

Komponen yang dibutuhkan dalam pembuatan led sound reactive sebagai berikut :
  1. Arduino Uno R3
  2. Sensor Sound Detection Sensor Module (T0034)
  3. Led Strip warna biru (sesuaikan dengan keinginan agan-agan)
  4. Kabel 
  5. Adaptor 12Volt
  6. Solder
  7. Timah
  8. Kabel USB (biasa include dalam pembelian Arduino Uno R3)
  9. Software Arduino
Proses penyambungan kabel (wire) pada komponen :
  • Pin 5V Arduino To Pin 5V Sensor
  • Pin Gnd Arduino To Pin Gnd Sensor
  • Pin Out Sensor To Pin 7 Digital 
  • Pin Vin To Pin Led (+)
  • Pin ~9 To Pin Led (-)
  • Pin Power Arduino To Adaptor 12V
Pada tahap selanjutanya, hubungkan kabel usb ke port board arduino dan sambungkan ke port usb komputer, lalu buka software arduino, dan input codenya seperti di bawah ini :
#define LEDstrip 9
void setup()
{
  pinMode(7,INPUT);
  pinMode(LEDstrip, OUTPUT);
}
void loop()
{
  boolean soundstate = digitalRead(7);
  if (soundstate == 1) {
         analogWrite(LEDstrip, 255);
         delay(10);
  }
  else{
    analogWrite(LEDstrip,0);
  }
}
Setelah proses upload program ke board arduino, langkah selanjutnya cabut kabel usb pada port komputer, dan sambungkan adaptor pada arduino. maka hasilnya lampu akan menyala seperti gambar berikut: 

langkah berikutnya nyalakan musik dari handphone atau komputer  dan agan lihat hasilnya, agar hasilnya maksimal setting sensitif module sensor menggunakan obeng. biar lebih jelas hasil bisa lihat video ane :


Demikianlah artikel singkat cara membuat led sound reactive dengan arduino yang bisa ane share, kurang lebihnya ane mohon maaf di karenakan ane baru belajar arduino. yang mau ngasih saran dan kritik ane persilahkan. makasih wassalam. salam newbie



Tampilkan Komentar