CARA Mengatasi Bootable Linux Centos Error Saat Install Melalui USB Flashdisk

Oleh:   Unknown Unknown   |   4/04/2017 06:11:00 PM
Singkat cerita, ane pengen install linux centos 7 via usb flashdrive di laptop, pertama sudah ane download operating system centos dan aplikasi usb universal installernya. semua alat perang buat belajar sudah selesai  ane download sampai ane buat bootablenya. pas ane colokkan usb dan menyalakan tombol power laptop serta memilih boot option tampilan bootable linuxnya ada pesan drucat blabla... dan tampilan pun rada aneh (maklum newbie), akhirnya ane putuskan untuk mencari tahu apa kesalahan yang ane lakuin pada saat membuat bootable, karena rasa penasaran ane supaya bisa installasi linux centos menggunakan usb flashdisk, akhirnya ketemu juga permasalahan sederhana ini. 

Bagi rekan-rekan yang mengalami hal serupa dengan ane, jangan putus asa dulu dalam melakukan installasi linux centos melalui media usb flashdisk. untuk postingan kali ini ane ingin berbagi solusi tersebut kepada agan pembaca blog ini, lanjut

1. Langkah pertama silahkan download software rufus https://rufus.akeo.ie

2. Siapkan sistem operasi centos yang minimal ISO aja. https://www.centos.org/download/ nanti bisa di jadikan GUI (graphic user interface).

3. Buka aplikasi Rufus, Tentukan letak usb drive, file iso, dan pilih format flashdisk, dan pilih start selanjut pilih Write in DD Image Mode dan terakhir pilih tombol ok . cek gambar di bawah ini. 

CARA Mengatasi Bootable Linux Centos Error Saat Install Melalui USB Flashdisk

 4. Akan muncul peringatan seperti ini gambar di bawah ini,  lalu pilih ok

CARA Mengatasi Bootable Linux Centos Error Saat Install Melalui USB Flashdisk

5. Setelah klik ok, tunggu proses transfer file linux centos 7 ke usb flashdrive hingga selesai. 

CARA Mengatasi Bootable Linux Centos Error Saat Install Melalui USB Flashdisk

6. Klik tombol close (gambar diatas) dan Sistem Operasi Linux CENTOS 7 sudah siap untuk dipergunakan baik di komputer/laptop.

Kesimpulannya adalah kita hanya memilih "Write in DD Image Mode" pada langkah ke-3 pada saat pembuatan usb bootable centos melalui Software Rufus. dan masalah ini bisa terselesaikan dengan baik. sekian tutorial sederhana ini (CARA Mengatasi Bootable Linux Centos Error Saat Install Melalui USB Flashdisk)ane buat berdasarkan pengalaman ane belajar linux centos pada saat akan melakukan installasi di laptop, kurang lebihnya ane mohon maaf dan semoga bermanfaat. 


Tampilkan Komentar