CARA Simple Install CMS Drupal 8 Di Komputer

Oleh:   Unknown Unknown   |   4/25/2016 06:04:00 PM
Pada saat ini membuat sebuah blog atau website baik untuk perusaahaan, individu atau lainnya harus mudah dan cepat, terlebih kalo konsumen kita ingin cepat dan dapat langsung di pergunakan untuk toko online, company profile dan sebagainya. eits tidak usah khawatir gan di artikel ini ane ingin berbagi cara install dan membuat website dengan drupal versi 8 di komputer atau laptop.

Apabila ada yang bertanya spesifikasi installasi drupal di komputer kaya apa gan?? #AneJawab drupal tidak memakan resource ram atau harddisk cukuplah dengan Ram (Random Accses Memory) 2Gb sama space hdd (Harddisk) 5Gb klo vga onboard aja. Ok lanjut, untuk menjalankan sebuah CMS (content management system) drupal di butuhkan beberapa software seperti xampp dan cms drupal (dengan catatan xampp server sudah terinstall di PC) untuk cara membuat dan installasi via komputer kali ini ane mau memberikan sedikit pengalaman dalam menggunakannya. langsung saja simak artikel singkat ini.

1. Jalankan aplikasi XAMPP di PC/Laptop (Klik start apache dan mysql)

2. Download dan extract drupal di komputer, kalo belum punya cms drupal bisa download di https://www.drupal.org

3. Setelah di extract maka tampil folder drupal lalu double klik dan copy folder drupal 8 dan paste di C:\xampp\htdocs dan rename folder sesuai dengan keinginan anda (contoh : belajardrupal)

4. Ketik pada browser  (IE, Opera, Mozilla, Chrome) Pilih salah satu lanjut ketik localhost dan buat basis data, kenapa kok ketik localhost sie gan, eit sabar dulu gan kita akan buat databasenya dulu. contoh database yang ane buat cek di bawah ini :
CARA Simple Install CMS Drupal 8 Di Komputer
5. Lanjut ke proses installasi dan ketik  di browser localhost/belajardrupal maka akan tampil seperti ini:
CARA Simple Install CMS Drupal 8 Di Laptop
6. Pilih bahasa english (apabila bahasa indonesia mengalami error) dan klik save and continue
 
7. Pada menu choose profile pilih standar dan pada verify requirements klik continue anyway

8. Di menu set up database masukkan :
- nama database belajardrupal
- username: root
- password: kosongkan saja karena database yang di buat contoh tidak menggunakan password(silahkan anda berkreasi)

9.  Tunggu proses installasi drupal hingga selesai, (untuk yang mengalami error silahkan referesh atau F5 aja dan ane silahkan cari erorrnya dimana yah.)  lalu pada configure site buat username dan password untuk login pada halaman admin serta setting email, country dan time zone next klik save and continue. 

CARA Simple Install CMS Drupal 8 Offline
10. Installasi selesai dan selamat mengoprek drupal di komputer/laptop ente.

Mohon maaf apabila penulisan kurang jelas, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tampilkan Komentar