Mengenal Sejarah Bootstrap Dalam Pembuatan Website

Oleh:   Unknown Unknown   |   4/23/2016 09:08:00 AM
Bagi anda yang ingin membuat sebuah blog atau website menggunakan framework ada baiknya mengenal tools yang satu ini.

Mengenal Sejarah Bootstrap Dalam Pembuatan Website
  • Pengenalan Bootstrap
 Bootstrap ialah suatu framework (kerangka kerja) yang dapat di pergunakan dalam membuat aplikasi website yang bersifat responsive, mudah, dan tentunya gratis. Kata 'reponsive' disini berarti bahwa tampilan website/blog (lebar dan susunan isinya) dapat berubah secara otomatis sesuai dengan lebar layar pada perangkat keras seperti (hanphone, tablet, laptop, komputer) yang di menampilkannya.

Bootstrap terdiri dari CSS dan HTML untuk menghasilkan sebuah Grid, Layout, Tifografi, Tabel, Form, Navigasi, dan lain-lain. selain komponen CSS bootstrap juga terdapat javascript (Jquery Plugins) untuk menghasilkan komponen UI yang menarik, contoh membuat Transitions, Modal, Dropdown, ScrollSpy, Tooltip, PopOver, Tab, Alert, Button, Carousel, dan lainnya.

Dengan menggunakan bootstrap, kita dapat membuat website atau blog responsive dengan cepat dan mudah serta dapat berjalan sempurna pada browser-browser modern seperti Google Chrome, Firefox, Safari, Opera, dan Internet Explorer.
  • Sejarah Bootstrap
Pada tahun 2011, Bootstrap diciptakan oleh 2 orang programmer di twitter, yaitu Mark Otto dan Jacob Thornton. Pada saat itu, para programmer di twitter menggunakan berbagai macam tool dan library yang mereka kenal dan senangi untuk mempermudah pekerjaan mereka, sehingga tidak ada standarisasi  dan akibatnya susah untuk di maintance. Setelah itu Mark Otto dan Jacob Thornton bergerak untuk menciptakan satu tools atau framework yang dapat digunakan bersama di lingkungan internal twitter.

Sejak diluncurkan pada bulan agustus 2011, bootstrap telah berevolusi dari sebuah project yang berbasis CSS menjadi sebuah tools atau framework yang lebih lengkap dan juga berisi Javascript Plugin, Icon, Form, dan Button. pada bulan januari 2012, bootstrap merelease versi 2.0 yang di dalamnya sudah memasukkan fitur responsive layout. Pada bulan agustus 2014, Bootstrap mengeluarkan versi 3.0 yang didalamnya sudah mengakomodasi "mobile first" artinya didalam pembuatan desain website maka kita merancang untuk layar yang kecil dahulu (handphone), kemudaian secara bertahap menambahkan fitur-fitur untuk layar yang lebih besar (seperti tablet).

Dan pada 19 agustus 2015 bootstrap mirilis versi 4 alpha dengan fitur Moved from Less to Sass, Improved grid system, Opt-in flexbox support is here, Dropped wells, thumbnails, and panels for cards, Consolidated all our HTML resets into a new module, Reboot, Brand new customization options, Dropped IE8 support and moved to rem and em units, Rewrote all our JavaScript plugins, Improved auto-placement of tooltips and popovers, Improved documentation. Untuk mengetahui lebih lengkap silahkan mengunjungi http://blog.getbootstrap.com/2015/08/19/bootstrap-4-alpha/. terima kasih semoga bermanfaat.

Tampilkan Komentar